Sosialisasi Etika Berlalu Lintas, Satlantas Polres Bangkalan Gelar Road Show ke Sejumlah Sekolah

  


Polres Bangkalan - Pentingnya etika tertib berlalu lintas terus digaungkan oleh pihak kepolisian di sejumlah wilayah di Indonesia untuk menkean angka terjadinya kecelakaan lalu lintas. Seperti Road Show Sosialisasi Etika Tertib Berlalu Lintas yang dilaksanakan Satlantas Polres Bangkalan berlangsung di sejumlah sekolah, seperti yang dilakukan hari ini Selasa (20/12/2022) di Aula SMPN 02 Bangkalan. 

Satlantas Polres Bangkalan memberikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkendara. Bukan hanya sekedar tata cara berlalu lintas, namun juga kelengkapan dalam berkendara. Karena faktor tersebut turut mendukung keselamatan dalam berlalu lintas.

Selain materi yang disampaikan tentang tertib berlalu lintas di jalan raya dan rambu rambu lalu lintas para siswa siswi SMPN 02 Bangkalan ini diajak untuk selalu menjaga kebersihan sekolah dan selalu baik sesama teman termasuk selalu menghormati ibu bapak Guru.

Di hadapan puluhan siswa siswi, Kaurbinops Satlantas Polres Bangkalan, Ipda Pariadi, S.H juga  menyampaikan pentingnya pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas mengingat tingkat kecelakaan di kalangan para pelajar cukup tinggi.

"Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan berupa pemberian pengetahuan tentang Undang-Undang Lalu Lintas nomor 22 Tahun 2009, termasuk tata cara berkendara yang aman dan tertib," kata Iptu Pariadi saat mengisi acara sosialisasi pagi tadi. 

Adapun faktor penyebab kecelakaan yaitu faktor manusia, kendaraan, jalan dan lingkungan. Tujuan diadakannya sosialisasi tentunya agar para pelajar di sekolah lebih memahami bagaimana etika berlalu lintas yang sesuai aturan yang ada. Mengingat, banyaknya pelajar mulai dari SMP hingga SMA atau yang lain yang menggunakan kendaraan bermotor namun tidak menaati aturan berlalu lintas ataupun sopan santun di jalan umum.

Diharapkan acara sosialisasi keselamatan lalu lintas ini bermanfaat dalam proses penyampaian pesan kepada pelajar akan pentingnya memahami peraturan lalu lintas yang ada. Diharapkan juga para pelajar sekolah mampu memunculkan kesadaran tertib dan kedisiplinan dalam berlalu lintas dan meningkatkan citra Kabupaten Bangkalan. Dengan situasi lalu lintas yang aman dan nyaman.

Kasatlantas Polres Bangkalan AKP Abdul Aziz Sholahuddin, S.H., S.I.K., M.H. juga menambahkan, pentingnya para pelajar bisa memahami pengetahuan tentang lalu lintas dan angkutan jalan. "Pengetahuan tersebut adalah dasar untuk bisa tertib berlalu lintas, misalnya seperti pengetahuan rambu-rambu, aturan dan prosedur berkendara di jalan serta yang lainnya, kita semua bisa mencegah terjadinya kecelakaan," tutupnya.  (Red)

Komentar

Postingan Populer