Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda, Wakapolres Bangkalan Ajak Bersatu Bangun Bangsa

  


Polres Bangkalan - 28 Oktober selalu menjadi salah satu hari yang bersejarah dalam perjalanan hidup bangsa Indonesia. Momentum perayaan 'Hari Sumpah Pemuda' pun digelorakan di seluruh penjuru negeri, tak terkecuali di Mapolres Bangkalan. 

Pagi tadi, Jum'at (28/10/2022) Wakapolres Bangkalan Kompol Mukhamad Lutfi, S.H., M.H. memimpin langsung upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 di halaman Mako Polres Bangkalan. Diikuti oleh seluruh personil Mapolres, upacara peringatan ini pun berjalan khidmat dan lancar. 

Dalam arahannya, Kompol Lutfi, sapaan akrabnya menyampaikan jika peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

"Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,"ujar Kompol Lutfi. 

Kompol Lutfi juga menegaskan peringatan Hari Sumpah Pemuda selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah "Bersatu Bangun Bangsa". Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

"Bulatkan tekad untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa serta Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah. Mari kita sama-sama mengambil hikmah Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa," tutup Kompol Lutfi saat dimintai keterangan selepas upacara usai. (Red)

Komentar

Postingan Populer