Waspadai PMK, Polsek Socah Polres Bangkalan Sambang Pasar Hewan

 

 

Polres Bangkalan, Waspadai adanya penyebaran PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), Anggota Polsek Socah lakukan monitoring ke Pasar Seniman Kencur. (Senin, 18/7/2022)

Sebagai bentuk perhatian Polsek Socah terhadap merebaknya penyebaran PMK yang menyerang ternak terutama Sapi dan Kambing dibeberapa daerah di Kabupaten Bangkalan, maka Kapolsek Socah Iptu Suharijanto, S.H. menerjunkan personil untuk berdialog dengan para peternak dan pedagang hewan ternak maupun calon pembeli hewan ternak.

"Diberikan himbauan agar berhati-hati dalam membeli sapi dengan memperhatikan keadaan kesehatan sapi atau kambing yang akan dibeli. Jaga dan perhatikan kesehatan serta kebersihan kandang guna mencegah penyakit yang akan menyerang hewan ternak."

Lanjut Hari, saat dimintai keterangan di Mapolsek, dirinya juga menyampaikan indikasi yang timbul jika adanya PMK pada ternak.

"Gejalanya yang tampak yaitu ternak tampak lemas tidak mau berdiri, air liur berlebihan sehingga timbul busa, adanya lepuh pada mulut dan kuku. Dihimbau warga untuk menghindari membeli ternak dari daerah yang sudah ada ternak yang tertular PMK dan laporkan segera kepada dokter hewan atau Dinas peternakan dan pihak Kepolisian untuk diambil langkah pencegahan lebih meluas," tegas Kapolsek.

(Tan/Red) 

 

Komentar

Postingan Populer