Bhabinkamtibmas Desa Batokaban Gelar Antisipasi PMK Pada Kambing

 

 

Polres Bangkalan, Bhabinkamtibmas Desa Batokaban Polsek Konang Polres Bangkalan
rutin lakukan sambang peternak di desa binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh Brigpol Hairul Anam, hari ini (Senin, 25/7/2022) yang mendatangi salah satu yakni Bpk.Hasyim, warga Dusun Manggala, Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan yang memiliki hewan ternak kambing. 

Memiliki sekira 6 (enam) ekor kambing yang kandangnya berada di belakang rumahnya.

Brigpol Hairul Anam mengatakan bahwa menurut pengakuan Bpk Hasyim, kambing miliknya hingga saat ini dalam keadaan sehat dan tidak ada menimbulkan gejala-gejala PMK (Penyakit Mulut dan Kuku).

"Meskipun tidak menunjukkan fisik yang sehat pada hewannya, kita tetap himbau agar selalu menjaga kebersihan kandang, berkoordinasi dengan dokter Hewan maupun Mentri Hewan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kambing miliknya, dan tidak perlu khawatir karena PMK tersebut tidak menular kepada manusia," ucap Anam.

Lanjut Anam, menambahkan selain memonitoring, dirinya menyarankan untuk lakukan penyemprotan desinfektan disetiap sudut ruang kandang.

“Kami juga sarankan untuk lakukan penyemprotan desinfektan secara berhati-hati, tidak sampai terkena mata hewannya, selain pengasapan seperti yang biasa dilakukannya,” ucapnya.

Kapolsek juga menyatakan bahwa peternak masih lakukan pencegahan PMK dengan metode pengasapan.

“Disini Pak Mansur juga melakukan pengasapan dengan cara membakar jerami dipinggir kandang, yang diyakininya selain untuk mengusir serangga dan mencegah adanya virus, namun kami menyarankan ditambah lakukan penyemprotan desinfektan untuk keefektifitasan antisipasi PMK,” ucap Rohman kepada Mansur.

(tan)




Komentar

Postingan Populer