Anggota Polsek Sukolilo Polres Bangkalan Lakukan Pengawasan bersama Lalu Lintas Hewan Ternak

  

Polres Bangkalan, Anggota Polres Bangkalan yang terlibat  Posko Monitoring PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) telah siaga hingga malam hari. (Jum'at, 22/7/2022)

Ditempatkan di Posko Check point Pengawasan bersama Lalu Lintas Hewan Ternak tepatnya di Jl Raya Akses jembatan Suramadu (perempatan lampu merah Desa Sendang Dajah, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan) disiagakan personil Anggota Polsek Sukolilo 2 Personil, Anggota Dinas Peternakan 1 Personil, Anggota Dinas Badan Karantina Kabupaten Bangkalan sebanyak 4 Personil dan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bangkalan 1 personil.

Kapolsek Sukolilo Iptu Agus Pujiono mengatakan bahwa monitoring dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran PMK yang dibawa oleh kendaraan yang melintas jalan Akses jembatan Suramadu.

"Agar tidak ada kendaraan bermuatan hewan ternak terindikasi PMK yang melintas baik dari Madura ke Surabaya maupun sebaliknya dari Surabaya ke Madura."

Ditambah lagi, lanjut Agus, saat ini ada Satgas Penanganan PMK melakukan penambahan pasal dalam Surat Edaran (SE) Satgas PMK Nomor 3 Tahun 2022 untuk memastikan bahwa lalu lintas hewan ternak dan produknya aman dari PMK dan menjamin kepastian hukum bagi pelaku usaha ternak dan produk turunannya.

"Tentunya Satgas Penanganan PMK telah berupaya semaksimal mungkin untuk menekan penyebaran PMK antar daerah dengan mengatur lalu lintas hewan dan produk hewan, baik itu lintas pulau, lintas provinsi dan kab/kota. Kebijakan dilakukan tidak hanya untuk pengendalian lalu lintas hewan beserta produknya tetapi juga penanganan hewan terpapar dan berpotensi terpapar," tutupnya.

Satgas Penanganan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan Rentan PMK Berbasis Zonasi.

(tan)

Komentar

Postingan Populer