Bhabinkamtibmas Polsek Modung Polres Bangkalan Sampaikan Adanya Vaksin Hewan Ternak

 


Polres Bangkalan, Guna antisipasi merebaknya PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak, Polsek Modung Polres Bangkalan ikut andil dalam memberikan sosialisasi penanganan penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. (Sabtu, 25 Juni 2022)

Melalui Anggota Bhabinkamtibmas Desa Patengteng Aipda Siswanto, dirinya mendatangi salah satu warga Desa Patengteng, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan.

Sebut saja Bpk Sadi, yang saat itu tengah memberikan pakan ternak sapinya.

Saat itulah, Aipda Siswanto memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa kini sudah ada vaksin bagi hewan ternak.

"Jumat kemarin (24 Juni 2022), Bupati Bangkalan Ra Latif Amin Imron telah menyuntikkan vaksin perdana bagi sapi, sebagai langkah iktiar kita dalam menekan laju pertumbuhan wabahnya virus PMK. Dan diuntungnya bagi peternak yakni vaksin diberikan secara gratis namun khusus bagi sapi yang dibibitkan, bukan untuk kurban Idul Adha mendatang," jelasnya.

Lanjut Bejo, menambahkan bahwa untuk tidak menyianyiakan peluang ini.

"Jadi ayo segera sampaikan kepada perangkat desa atau Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan untuk mendaftakan vaksinasi ini karena akan ditargetkan 100 dosis setiap harinya," ajak Bejo.

Ditempat terpisah, Kapolsek Modung AKP Arif Djunaedi, S.H. membenarkan adanya vaksinasi tersebut.

"Benar, kini sudah ada vaksinasi PMK dimana juga ada tahapan dari dosis 1, dosis kedua sampai booster dengan rentang waktu berbeda. Sedangkan di Kabupaten Bangkalan info terakhir tersedia 2.500 dosis vaksin telah tiba di Kantor Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan," ucapnya.

Mantan Kasubbag Humas Polres Bangkalan tersebut juga menambahkan untuk tidak kembali lengah dalam menjaga kebersihan makanan serta lingkungan tempat tinggal hewan ternaknya.

"Cek fisik hewan, pola makannya, dan tentunya pakai masker dan cuci tangan sebelum maupun sesudah menyentuh hewan, kotorannya juga rutin dibersihkan agar tak mengganggu dari segi lingkungan sekitar warga," tutup Arif.

(tan)

Komentar

Postingan Populer