Antisipasi Curwan dan PMK, Bhabinkamtibmas Desa Lombang Dajah Temui Pemilik Sapi

 

 

Polres Bangkalan, Ditengah wabahnya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi pada hewan ternak, Kepolisian Resor Bangkalan turut ikut andil dalam memberikan pengamanan, pendampingan serta edukasi kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan Polsek Blega melalui Bhabinkamtibmas Desa Lombang Dajah Aipda Fery.A yang melakukan penyisiran ke desa-desa terutama ke rumah warga yang memiliki maupun merawat hewan ternaknya seperti sapi, kambing, kerbau, maupun kuda.

"Kami siap turun ke desa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terlebih tidak panik dengan adanya wabah ini. Kami memonitoring langsung kondisi  lingkungan kandang, fisik hewannya, nafsu makannya untuk mencegah PMK ini," ucap Aipda Fery.

Lanjut Aipda Fery, dirinya menyampaikan kepada Bapak Faroq, Desa Lombang Dajah, Kecamatan Blega, Kab Bangkalan yang saat itu tengah dikunjungi, agar tetap patuhi protokol kesehatan sebelum maupun sesudah dari kandang.

"Sebelum ke kandang, pakai masker, cuci tangan pakai sabun sebelum maupun sesudah dari kandang. Penyakit ini memang tidak menular ke manusia, namun tidak ada salahnya mencegah dari kuman penyakit lainnya," imbuhnya.

Sebagai garda terdepan yang dekat dengan masyarakat, Fery juga menyarankan hewan ternak tidak dibiarkan dilepas tanpa pengawasan.

"Cegah terjadi pencurian hewan, dan kebersihan kandang ternaknya agar tidak mengganggu warga disekitarnya."


(tan)

Komentar

Postingan Populer