Mudik Aman dan Sehat, Kasatpolairud Polres Bangkalan Cek Kesiapan Kapal

 

 

 

Polres Bangkalan, Kasatpolairud Polres Bangkalan AKP Arif Djunaedi, S.H., bersama PT ASDP Pelabuhan Kamal melakukan pengecekan kesiapan kapal laut di salah satu kapal penumpang di Pelabuhan Kamal, Madura.

Ini dilakukan dalam rangka menyambut pelayanan saat mudik Lebaran 2022. 

Kasatpolairud Polres Bangkalan melaksanakan uji petik di Pelabuhan tersebut guna memastikan keselamatan pelayaran khususnya Angkutan Laut menjelang Lebaran Tahun 2022/1443 H.

"Kami memastikan kondisi dan fisik kapal layak layar sehingga kapal-kapal tersebut dapat melayani para pemudik," ucap Arif.

Pelabuhan Kamal merupakan salah satu pelabuhan yang ramai dipadati para penumpang yang berangkat maupun yang tiba untuk melakukan perjalanan mudik.

Lanjut Arif, mengatakan pelaksanaan uji petik merupakan komitmenuntuk menjamin kelancaran dan keselamatan transportasi khususnya pelayaran menjelang angkutan lebaran.

"Kegiatan ini adalah wujud kepedulian pemerintah akan keselamatan pelayaran salah satunya dengan melaksanakan uji petik atau uji kelaiklautan kapal yang kali ini digelar di Pelabuhan Kamal," ujarnya, dalam keterangan resmi, Kamis (21/4/2022).

Pengecekan Kapal dilaksanakan secara acak terhadap kapal-kapal Penumpang yang akan mendukung pelaksanaan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2022/ 1443H.

"Uji petik ini diantaranya memeriksa dokumen Kapal dan sertifikat awak kapal, pengujian sarana emergency di atas Kapal, sarana radio komunikasi serta hal terkait keselamatan kapal yang Wajib dipenuhi oleh operator kapal," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasatpolairud mengingatkan untuk penegakan protokol kesehatan dan penggunaan Aplikasi PeduliLindungi.

"Sebelum keberangkatan, area kapal, petugas, dan penumpang harus selalu mengikuti aturan protokol kesehatan, Aplikasi PeduliLindungi mulai diaktifkan kembali, dengan harapan mudik tahun ini mudik sesuai Tagline #mudikamanmudiksehat," ujarnya.

(tan)

 

 

Komentar

Postingan Populer