Ciptakan Keakraban, Satpolairud Polres Bangkalan Sahur On The Sea Bersama Nelayan

 

 

Polres Bangkalan, Tentunya sudah tidak asing bagi mendengar 'sahur on the road', namun Kasatpolairud Polres Bangkalan AKP Arif Djunaedi, S.H. menginisiasi ajak sahur bersama dengan cara yang beda.

"Sahur bersama kali ini tidak dilakukan di jalanan, tapi di tengah laut! Ya, kita sebut saja namanya Sahur on The Sea," ucap Arif.

Sambil menyusuri perairan Selatan Madura dikoordinat  7.10.27. 2. S 112.43.39.6. E., Kasatpolairud Polres Bangkalan ditemani anggota Satpolairud Aiptu Agus Suyoto, SH., Bripka Jayadi, dan Brigadir Andy Saiful menyatroni satu persatu kapal nelayan yang sedang jangkar di tengah laut. 

Sat Polairud Polres Bangkalan dengan Kapal X-1044 nya, langsung menegur Bpk Saruhen dengan sapaan ramah pengingat sahur sambil membagikan santap sahur.


"Pak besok puasa? Ayo sekarang sahur dulu, supaya puasanya terjaga. ABK lain yang besok ikut puasa kemana? Ayo kumpul di sini sambil sahur bareng," kata Kasatpolairud.

Sambil santap sahur, tak segan mereka juga saling bertukar informasi tentang kondisi keamanan di kawasan perairan Selat Madura dan tentunya terkait sosialisasi protokol kesehatan  untuk mencegah covid-19 dengan pemberian masker serta memberikan himbauan selalu waspada dan mengutamakan keselamatan jiwa terhadap cuaca di laut sewaktu-waktu bisa berubah.

Ajang sahur bareng di tengah laut ini juga dijadikan moment yang tepat untuk saling menjalin silaturahmi dan membangun komunikasi antara Polair dengan para nelayan.

"Di samping kegiatan ini menjamin kondisi perairan yang aman, kami juga bisa berharap berkah pahala dari Allah. Selain itu jika nelayan menemui kondisi darurat atau menemui pelanggaran di laut maka bisa segera menginformasikan pada kami," imbuhnya.

Jika biasanya saat jelang sahur para ABK harus ribet memasak terlebih dahulu, pukul 02.00WIB, ini mereka malah diberi menu siap santap oleh petugas polair. Dengan tertawa senang mereka berharap jika kegiatan ini bisa rutin terjalin hingga akhir Ramadan.

"Biasanya sahur kami masak sendiri, Ya terima kasih polair, kami senang hati bisa Sahur Bersama dengan Petugas Satpolairud.  Semoga ini jadi barokah," ucap Saruhen sambil tersenyum.


(tan)

Komentar

Postingan Populer