Bhabinkamtibmas Desa Sembilangan Ajari Budi Pekerti Kepada Anak Madrasah

 


Polres Bangkalan, Beda jaman, beda cara pola asuh orang tua. Hal inilah menjadi perhatian bagi Bhabinkamtibmas Desa Sembilangan Herlambang Wahyu Anafis, S.,untuk ikut serta membentuk karakter generasi Z di jaman teknologi seperti saat ini.

"Generasi Z ini kan kelahiran dari tahun 1997 sampai 2012 (berusia antara 10-25 tahun) saat ini telah memasuki jaman teknologi canggih, serba online, gadget, dan adanya game online yang tentunya juga berpengaruh terhadap tingkah laku, akhlak, tabiat, dan karakter mereka," ucap Anafis.

Lanjutnya, salah satu anggota Satbinmas Polres Bangkalan tersebut mengurai bahwa game online juga dapat mempengaruhi perilaku seseorang.

"Game juga dapat membentuk karakter, apalagi terhadap anak-anak. Bisa membuat anak lebih mudah emosi jika kalah, tidak disiplin waktu akibat menghabiskan waktu dengan bermain dan lalai belajar. Anak-anak mudah mengikuti, meniru, apa yang dia lihat, jadi butuh pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget."

Itulah yang membuat Herlambang Wahyu tergerak hatinya untuk menjadi salah satu Tenaga Didik Pembantu di Madrasah Al Tifiyah, Desa Sembilangan, Kecamatan/Kabupaten Bangkalan dala membentuk karakter anak yang baik.

"Setiap sore, jika ada waktu senggang, saya sempatkan mengajar di Madrasah Al Tifiyah. Banyak yang saya ajarkan, baik pelajaran akademik maupun non akademik. Namun saya harap mereka tidak hanya pintar dipelajaran sekolahnya, tapi akhlaknya juga harus baik, tahu sopan santun, seperti setiap pulang dari sini saya ajarkan mereka berpamitan dengan mencium tangan, hormat dengan yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda, berbicara dengan nada yang tidak membentak," ucapnya.

 Lanjut Herlambang, bahwa Anak merupakan adalah generasi baru yang akan melanjutkan usaha bangsa dan sumber daya insan bagi pembangunan nasional.

"Anak adalah aset bangsa dimana masa depan bangsa serta negara berada di pundak mereka, oleh itulah anak perlu di arahkan, dibimbing, ditanamkan nilai budi pekerti serta diberikan pengetahuan agar mereka mempunyai daya saing menggunakan kemampuan serta keinginan yang mereka miliki menggunakan dasar akhlak yang mulia," tutupnya.




Komentar

Postingan Populer